Press "Enter" to skip to content

Tips Agar Terhindar Dari Berita dan Info Hoax

apabanget.my.id – Info hoax sekarang gampang banget didapetin. Salah satu faktornya karna ada internet. Penyebarluasan info dan berita hoax semakin mudah karena hampir seluruh pengguna internet bisa mengaksesnya. Info hoax seperti fitnah, gossip, berita-berita black campaign banyak banget beredar luas. Sialnya, masyarakat awam di Indonesia banyak banget termakan isu beginian. Gimana sih cara menghindari termakan info hoax ini?

Gue semakin resah karna banyak banget info dan berita hoax (terutama di beranda Facebook gue) berseliwiran. Bukan cuman temen-temen gue yang doyan nge-reshare atau repost, tapi bahkan ada juga dari kalangan yang berpendidikan masih percaya (gue asumsikan dia percaya karna di ngelike fanpagenya dan doyan ngeshare postingan-postingan berita dari sumber antah berantah) sama hal kaya gitu. Sedih gue, padahal dulu facebook ga dipake buat itu.

Trus gimana caranya biar terhindar dari info hoax kaya gitu?

Banyak Membaca

tips menghindari info hoax

Tips pertama biar terhindar dari info hoax adalah banyakin baca. Bacaan yang berkualitas ya maksudnya. Saking berkualitasnya bisa bikin pikiran kalian jadi kebuka dan ga dangkal lagi. Pikiran dangkal dan tertutup itu faktor utama kenapa banyak info hoax cepat menyebar. Padahal kalo dipikirin baik-baik pake logika, itu sama sekali ga masuk akal dan mengada-ada.

Bentengi diri lu dari info hoax dengan pengetahuan. Dengan catatan pengetahuannya yang bener-bener ilmiah dan bukan pake ilmu cocoklogi. Baca buku yang membeberkan fakta yang nyata. Bukan fakta yang fana.

Bersikap Skeptis

Kata dosen gue dulu, sebagai seorang mahasiswa, apalagi mahasiswa teknik, kalian harus bersikap skeptis. Jangan langsung ambil kesimpulan begitu ngeliat satu pernyataan. Karna bisa aja pernyataan itu salah dan ga berdasar. Kalo ga skeptis kita bisa aja berpegang sama pernyataan yang salah dan akhirnya malah dengan mudah dipatahkan orang lain yang punya teori lebih baik dan lebih masuk akal.

Begitu juga lu kalo lagi ngebaca sesuatu. Harus skeptis dulu. Skeptis itu wajar dan perlu kok. Skeptis itu tanda kewaspadaan kita. Bukan berarti kita suudzon sama orang, tapi itu tandanya kita kritis terhadap sesuatu. Biar kita ga mudah percaya sama apa yang dibilang orang. Bisa jadi dia cuman mau menghasut kita aja. Teliti dulu, cari sumber berita yang lain, siapa tau isinya beda karna mereka punya kepentingan terselubung.

Hidup Di Dunia Nyata

tips menghindari info hoax

Kebanyakan aktif di dunia maya tu ga baik. Ga cuman karna bikin lu jadi anti sosial sama temen-temen sekitar, tapi bikin kesehatan jiwa lu terganggu. Lu kan punya kegiatan di dunia nyata, kerjain itu aja. Asal positif dan bisa menghindarkan lu ngebaca hal-hal ga penting di dunia maya.

Menyibukkan diri di dunia nyata itu lebih penting daripada sibuk di dunia maya. Kecuali lu dibayar di dunia maya, lu boleh ninggalin dunia nyata lu, itu pun ga perlu lama-lama. Karna kehidupan nyata lu bukan di internet, tapi di dunia nyata.

Tinggalkan Mereka

Tips terakhir biar terhindar dari info hoax adalah tinggalkan mereka. Maksudnya tinggalkan mereka yang masih aja ngeshare info-info ga penting yang cuman ngajakin perpecahan bangsa aja. Mereka itu walaupun ditegur juga ga akan mempan, karna otak mereka udah dicuci sama info-info hoax dan akun penyebar kebencian lainnya.

Unfollow atau unfriend mereka adalah solusi paling bener. Biarpun mereka itu adalah keluarga lu sendiri, bodo mamad aja. Ga akan rugi juga kehilangan mereka di dunia maya, asal mereka masih tetep bisa silaturahmi di dunia nyata sama lu. Demi kebaikan lu daripada lu ikutan keseret sama arus info hoax dan penyebar kebencian mending dihindari lebih dini, ya ga?

 

sumber featured image: mediainfo.top

2 Comments

  1. cewealpukat
    cewealpukat December 15, 2016

    sekarang banyak banget berita hoax, mayoritas sering share sebelum membaca, hmmm kesel jugaa

    • Radhian
      Radhian December 15, 2016

      Yhaaa.. ku setuju banget. Sekarang mah yang penting dishare dulu soal bener apa kaga ntar juga gampang dihapusnya.
      Padahal itu salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: