Press "Enter" to skip to content

Hukum Qurban, Wajib atau Sunnah?

Qurban adalah kegiatan menyembelih hewan qurban sehabis pelaksanaan sholat idul adha. Gunanya qurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berqurban adalah wujud rasa syukur yang ditunjukkin umat islam kepada Allah atas semua karunia dan nikmat yang telah diberikan Nya. Hukum qurban sendiri dalam Islam belum terbukti apakah benar-benar wajib atau sunnah.

Ada ulama yang berpendapat kalo qurban hukumnya wajib buat umat muslim yang punya kelapangan harta dan buat umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban ini. Adapun para ulama menganggap kalo pentingnya berqurban hampir sama kaya ibadah haji. Qurban itu kaya salah satu ritual dalam Islam yang ga boleh ditinggalin, karena Allah sangat mencintai hamba-Nya yang udah berqurban saat perayaan idul adha.

Emang belum jelas sih hukum qurban itu wajib atau sunnah apa ga. Tapi udah seharusnya umat muslim yang punya kelebihan dari segi materi buat berqurban. Karena sesungguhnya ga ada yang lebih mulia dari menghabiskan harta di jalan Allah SWT. Ga akan rugi orang-orang yang ngelakuin qurban. Karena dia bakalan dapat banyak manfaat baik di dunia maupun di akhirat.

Harta dan kenikmatan semata-mata dari Allah SWT yang dititipkan sama kita dan cuman sementara. Lalu kenapa sulit buat kita untuk ngurangin sedikit harta kita dan ngikutin yang Allah perintahkan? Harta dan kenikmatan itu bisa diambil dari umat-Nya kapan aja, karena Allah lah yang ngasih.

Manfaat Berqurban Bagi Umat Muslim

Walaupun masih banyak umat islam yang ragu sama hukum qurban, tapi sebenernya berqurban itu ngasih banyak keuntungan bagi umat muslim. Dengan berqurban kalian telah berhasil ningkatin ketaqwaan sama Allah karena kalian udah berhasil ngikutin perintah Allah dan ga termakan hawa nafsu duniawi. Qurban ngasih kalian bekal pahala untuk di akhirat.

Kalo kalian sering berqurban maka amal baik kalian bisa nutupin amalan buruk yang pernah kalian perbuat semasa hidup dan bisa nyelamatin kalian saat hari akhir tiba. Rezeki kalian pun akan jadi berkah saat berqurban dan insha Allah akan terus dilancarkan kalo sebagai hamba-Nya kalian ga pernah mengabaikan sekalipun perintahNya.

Buat kalian yang pengen berqurban sekaligus nyumbang, lembaga kemanusiaan aksi cepat tanggap siap melayani. Dengan ACT kalian bisa nyumbang daging qurban ke daerah-daerah yang mayoritas penduduknya adalah masyarakat miskin. Melihat mereka bahagia karena bisa mengonsumsi daging qurban bisa jadi kebahagiaan tersendiri buat kalian. Allah bakal melipatgandakan pahala umat-Nya yang melaksanakan perintah-Nya. Berqurban dengan setulus hati sekaligus membantu sesama umatnya yang tidak mampu. Mulia banget hati kalian kalo ngelakuin hal itu. Insha Allah orang-orang yang seperti itu bakal dijauhin dari siksa api neraka dan dilapangkan kuburnya. Karena udah ngikutin perintah Allah dan menolong sesama.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: