apabanget.my.id – apa lu termasuk orang yang pengen selalu berkembang tiap harinya? Apa lu orang yang selalu nyari cara untuk meningkatkan kemampuan diri dan jadi lebih baik ?

Yang perlu kalian ketahui bahwa meningkatkan kemampuan diri sendiri itu sebuah proses yang ga bisa berhenti. Semakin lu tau suatu hal, semakin lu ngerasa banyak yang belum lu tau, dan lu akan semakin banyak belajar.

Ada banyak cara untuk meningkatkan potensi diri. Tapi gue akan coba rangkum beberapa cara praktis untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri dengan cepat. Coba dari hal yang paling sederhana dulu. Karna ini praktis, jadi semua orang bisa ngelakuin.

1. Baca Buku Tiap Hari

cara cepat meningkatkan kemampuan diri

Kata orang buku itu jendela dunia. Dan emang bener, semakin banyak lu baca buku semakin banyak pencerahan yang didapat. Membiasakan baca buku tiap hari bisa nambah perbendaharaan kosakata lu juga. Semakin kaya akan kosakata, semakin pandai memilih kata yang tepat kalo lagi ngomong sama orang. Siapa tau kan mulut lu kadang suka asal njeplak? Hehe

2. Pelajari Bahasa Baru

Walaupun kita orang Indonesia, pelajarin bahasa baru itu adalah kebutuhan. Belajar bahasa baru bukan berarti meninggalkan budaya Indonesia. Justru kita belajar bahasa baru biar ngerti gimana budaya orang lain. Semakin tau kita budaya orang lain, pikiran kita akan semakin terbuka. Kalo punya pemikiran terbuka, kita ga gampang terhasut atau terbawa isu-isu yang memecah belah persatuan. Tsah!

3. Olahraga Rutin

cara praktis meningkatkan kemampuan diri

Biar badan tetap sehat, sebaiknya bikin jadwal olahraga mingguan. Ga usah olahraga yang berat-berat. Cukup jogging aja 30 menit. Bisa 3 kali seminggu atau kalo sibuk banget 2 kali seminggu. Dikombinasiin nge-gym juga boleh.

4. Rencanakan Tujuan 5 Tahun ke Depan dan Cara Untuk Mencapainya

Gue dulu pernah nulis “Dream Note” gitu untuk tau apa-apa yang harus gue capai dalam beberapa tahun ke depan . Tapi gue ga nulis solusi dan cara gue untuk bisa mewujudkan apa yang gue tulis. Jadi cuman sebagian kecil aja yang terwujudkan. Sekarang gue tau mesti ngapain.

5. Menghentikan 1 Kebiasaaan Buruk Tiap Minggu

Lu punya kebiasaan buruk? Begadang mulu? Malas ngerjain skripsi? Melamun? Segera hentikan! Bikin list kebiasaan buruk diri lu sendiri. Dan tiap minggu 1 kebiasaan buruk harus bisa dihilangkan. Minggu berikutnya fokus ngilangin kebiasaan yang lain. Sampe akhirnya lu terbiasa dan jadi orang yang disiplin.

6. Hindari Orang-Orang Negatif

Di sekitar lu pasti ada aja orang yang ngomongnya atau kelakuannya negatif. Ngomongnya tentang masalah-masalah negara ini tapi ngasih solusipun kaga bener. Atau yang ngegosipin aib orang misalnya. Nyebar-nyebarin kebencian di sosial media juga. Hindari orang-orang yang kaya gini. Berteman sama orang ini ga bikin diri lu makin berkembang.

7. Berhenti Menonton TV

Cara praktis meningkatkan kemampuan diri

Gue udah ngelakuin hal ini semasa kuliah sampe sekarang. Jadi udah hampir 6 tahun gue jarang nonton tv. Kalopun nonton paling cuman berita olahraga atau acara sepak bola. Dan emang lebih menyenangkan karna jarang nonton tv. Gue punya lebih banyak waktu untuk ngelakuin hal yang lebih bermanfaat. Misalnya nulis, jalan-jalan, dan yang paling penting gue bisa tidur enak, hahaha.

8. Lepaskan Masa Lalu

Udah move on belum, mblo? Yang udah berlalu biarkan berlalu. Berdamailah dengan diri sendiri, maafkan masa lalu dan bergerak. Kalo masih males? Biarkan waktu yang menentukan kapan lu bisa mulai gerak lagi. Kalo pengen cepet berubah, paksa diri lu untuk segera gerak.

9. Lakukan Hobi Baru

Terlepas dari hobi yang selama ini lu lakuin, pasti ada keinginan untuk nyoba yang lain, kan? Lakuin aja! Biar punya variasi kegiatan. Jadinya ga monoton dan bikin bosen. Dan juga sekaligus bikin lu jadi punya kemampuan lebih banyak.

10. Cari Kekurangan dan Blind Spots-mu

Tuliskan apa aja kekurangan lu. Kalo lu terlalu gengsi untuk mengakui kekurangan diri sendiri, minta bantuan temen untuk ngasih tau. Nyari blind spotdalam hal pengembangan kemampuan diri ini agak sulit, karna kita ga pernah perhatiin sebelumnya. Melihat blind spots dalam diri kita, bisa ngasih ruang untuk berkembang lebih baik.

11. Belajar Bekerjasama Dengan Orang Yang Nyusahin

Kadang lu ga bisa ngehindarin situasi kaya gini. Harus kerjasama dengan orang yang ribet dan nyusahin. Temen di kantor misalnya. Atau temen sepergaulan lu yang sering banget ikut nongkrong. Belajar menghandle orang kaya dia cukup menantang, sih. Bisa bikin lu tau gimana caranya nyikapin dan nanggapin orang-orang macam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: