apabanget.my.id – Ngeblog itu keliatannya mudah. Padahal kalo dipraktekin ga semudah yang dilihat. Kita mesti nyari bahan buat nulis, nyari foto yang bagus untuk memperindah tampilan blog, ngedit tulisan lagi, kadang masih harus bikin video biar makin kece kontennya. Belum lagi kalo udah diposting harus promosi ke semua sosmed. Kecuali blog lu udah terkenal kaya blognya Benakribo, Alit, atau Yangleks. Tapi Yangleks ga punya blog. Bodo amat.

Jadi kalo ada yang bilang ngeblog itu gampang, pasti belum pernah bener-bener nyobain  ngeblog. Mungkin dia cuman copas tulisan orang atau sekadar ngopas tugas kuliah buat diposting di blog hehe. Tapi kadang, hobi ngeblog ini bisa keganggu karna aktivitas yang lain. Bisa jadi kegiatan di dunia nyata lebih padat dari biasanya, jadi ga bisa ngeblog.

Kalo lu udah ngerasa kewalahan ngurus tetek bengek ngeblog sendirian, sekarang saatnya lu dibantu. Ada beberapa aktivitas ngeblog yang bisa disetting otomatis. Jadi ga semua harus dikerjain sendiri, mblo. Cukup status lu aja yang masih sendiri, ngeblog ga usah ikut-ikutan. Menjiwai persona ga gitu-gitu amat.

1. Gunakan fitur Schedule Post atau Posting Otomatis

Ini fitur blog yang paling sering gue pake. Apalagi kalo tau bakal sibuk banget di hari berikutnya. Dengan pake ini blog gue masih keliatan update meskipun gue ga ada nulis beberapa hari. Yang paling penting siapin draft tulisan yang banyak dan matang. Dalam artian udah diedit, udah ditambahin foto/video di dalam tulisannya. Saran gue sih minimal siapin 2-3 draft tulisan matang untuk seminggu. Itu udah lumayan. Tapi terserah, sesuaikan sama kemampuan lu bikin tulisan aja.

2. Promosi Otomatis di Sosmed

Selain postingan blog yang bisa dijadwalkan, promo postingan juga bisa diotomatiskan. Pakai aplikasi tweetdeck atau hootsuit untuk promo postingan di twitter atau facebook. Pake aplikasi Buffer juga bisa, tapi gue jarang makenya.  Pastikan lu setting promosinya di jam orang-orang lagi rame buka sosmed.  Ga ada patokan pasti sih tapi lu bisa coba promo postingan dari jam 7 malam sampe jam 10 malam. Katanya itu jam-jam bagus buat promo.

3. Gunakan Akismet Untuk Moderasi Komentar

Ngebacain komentar trus ngepublish manual komentar di blog lu pasti ribet kan ,mblo? Mending dipasangin plugin Akismet aja. Untuk pengguna WP mungkin ga asing lagi. Plugin Akismet emang paling ampuh buat ngefilter komen-komen sampah di blog. Kalo di blogspot coba kasih captcha aja kalo ga mau repot moderasi komentarnya.

4. Stop Ngerjain Semuanya SENDIRIAN

Sekarang udah banyak banget jasa penulisan artikel bermunculan di dunia maya. Ada yang artikelnya SEO, ada yang punya tema tertentu, macam-macamlah. Harganya juga varitatif banget. Ada yang kontennya bahasa Indonesia, ada juga yang bahasa Inggris. Lu tinggal pilih mau yang mana. Siapin budget, tinggal tunggu draftnya datang, atur jadwal postingnya dan TARAAA… jadilah lu blogger produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: