Press "Enter" to skip to content

Cara Ini Bisa Bikin Otak Makin Kreatif

Kita sering ngelakuin hal yang sama tiap harinya. Dan beribu alasan setiap kali ku ajak jalan eh bukan.. bukan. Ada beribu alasan untuk ga ngerubah rutinitas itu. Alasannya simpel aja, karna bikin hidup jadi lebih mudah. Kita ga perlu memulai kebiasaan baru dan harus susah-susah belajar membiasakan diri lagi. Persis kaya nyari pacar baru.

Rutinitas yang sama tiap hari emang simple, ga bikin otak kita “capek” juga. Tapi tau ga kalo kegiatan yang kaya gitu malah bikin otak tumpul? Rutinitas yang gitu-gitu aja cuman memakai sedikit energi di otak. Ntar otak jadi soak kalo ga dipake. Dengan pemakaian energi yang sedikit kaya gitu, stimulasi otak jadi makin lambat. Dan lu sebagai manusia bakalan jadi lemot.

Dalam bahasa Inggris ada istilah neurobic exercises. Dengan latihan ini, lu bisa ngegabung 2 kegiatan sekaligus yang bisa ngasih sesuatu yang baru buat otak lu. Kegiatan ini bakal menstimulasi beberapa bagian di otak lu. Biar ga berdebu karna kelamaan ga dipake. Katanya neurobic exercise ini baik buat meningkatkan memori otak, bikin tambah fokus, pendengaran yang lebih dan penglihatan yang lebih tajam. Goks! Masih banyak lagi yang lainnya cobain aja sendiri mendingan.

Berikut ini beberapa trik biar otak lu tetep bekerja dengan baik dan makin terstimulasi. Coba lakuin ini dipagi hari dan kalo lagi santai. Sambil iseng juga bisa. Ingat kata kuncinya: “bukan ngelakuin sesuatu yang berbeda, tapi berbeda saat melakukan sesuatu

1. Mulai Hari Dengan Tangan Yang Non-Dominant

Memulai hari dengan sisi tangan yang ga biasa  dipake adalah langkah pertama untuk menghubungkan sel-sel otak di kepala. Misalnya lu sering pake tangan kanan, coba sesekali melakukan suatu hal yang biasanya dilakuin cuman pake tangan kiri. Kegiatan yang sederhana aja misalnya gosok gigi. Lakukan semua dengan tangan kiri lu. Mulai dari ngasih pasta gigi sampe kelar nyikat giginya. Nah kalo udah mahir coba lakuin kegiatan yang lain dengan tangan non dominan lu. Nulis pake pulpen contohnya. Asal bukan cebok aja, sih.

2. Tantangan 7 Kata

Coba buat sebuah cerita yang cuman terdiri dari 7 kata. Tantangan ini ngelatih kita buat berfikir lebih kreatif untuk bisa menghasilkan cerita yang baik. Berguna juga buat ngelatih skill ngetweet pake ginian. Cobain aja.

3. Pake Jam Tangan Dengan Posisi Terbalik

cara biar otak makin kreatif

Lebih gampang dipraktekin kalo pake jam tangan analog, sih. Tapi boleh dicoba pake jam tangan digital juga. Dengan make jam tangan kebalik, lu bakal lebih berpikir ketika ngeliatin jamnya. Keliatannya remeh banget, tapi coba aja dulu.

4. Pilih Rute Yang Berbeda

Ngelewatin rute yang sama pas berangkat kerja/sekolah pasti kadang membosankan. Kalo lagi kerja atau sekolah coba rute yang beda saat pergi atau pulangnya. Nah kalo lagi travelling cobain kaya gitu juga. Kan lumayan bisa lebih tau jalanan di kota orang.

5. Hitung Mundur

Mungkin terdengar sederhana. Apa susahnya hitung mundur? Tapi udah coba hitung mundur kaya gini?

  • Mulai dari 100, hitung mundur, tiap hitungan kurangin 4 (100, 96, 92,….)
  • Mulai dari 175, hitung mundur, tiap hitungan kurangin 3 (175, 172, 169,…)
  • Mulai dari 250, hitung mundur, tiap hitungan kurangin 7 (250, 243, 236,…)

Masih terlihat sederhana?

6. Susun Nama Hari dan Bulan Sesuai Abjad

cara biar otak makin kreatif

Coba susun nama bulan sesuai urutan abjad. Lu bisa ngelakuin hal ini pake pulpen atau kalo mau lebih menantang cobain latian mengurutkannya tanpa pake pulpen atau pensil. Sebutkan hari dalam seminggu sesuai urutan abjad dan sesuai urutan hari tapi terbalik. Kalo udah jago lu bisa ke level yang lebih sulit. Coba nyusun nama hari sesuai urutan abjad.

Kalo yang tadi udah terlalu mudah untuk dilakukan. Coba urutkan nama-nama bulan berurutan dari urutan paling belakang abjad. Nilai bonus buat kalian yang bisa mengurutkannya tanpa meliat urutan melalui tulisan.

***

Alangkah baiknya kalo pengen lebih maksimal hasilnya kalian mesti punya waktu tidur yang cukup dan ga boleh stress. Biar otak lu ga cepet capek. Kalo apa-apa dibawa stress nanti cepet sakit dan cepet tua juga hahaha.

Kalo kalian punya brain hack yang kaya gimana? Silakan kasih tau di kolom komentar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: