Press "Enter" to skip to content

4 Hal Yang Membedakan Zaman Sekarang dan Zaman Dulu

apabanget.my.id – zaman selalu berubah seiring semakin majunya pemikiran manusia. Dulu teknologi macam laptop dan handphone cuman ada dalam angan-angan manusia jadul. Mereka bilang itu teknologi masa depan. Dan lihat zaman sekarang, hampir semua manusia di Bumi punya teknologi masa depan itu.

Ada banyak hal yang membedakan zaman dulu sama zaman sekarang. Karena semakin ke sini ilmu dan pemikiran orang-orangnya jadi makin berkembang. Apa-apa jadi praktis dan simple. Dari yang awalnya ribet sampai sekarang tinggal satu sentuhan jari aja semua udah bisa dilakuin.

Salah satu yang merasakan dampak perubahan itu adalah gue sendiri. Gue semakin terbantu dengan adanya kemajuan teknologi zaman sekarang. Tapi ga semua bisa terima perubahan semacam ini. Selalu ada yang jadi ‘korban’. Entah itu dari pemikiran manusianya ataupun dari teknologi yang ada pada zaman sekarang.

1. Zaman Dulu Masih Banyak Kartun Anak-Anak

Ya! Ini hal yang paling pertama gue rasakan perbedaannya. Meskipun sekarang udah bukan anak-anak lagi, tapi gue kangen nonton kartun-kartun favorit waktu kecil. Kalian yang seangkatan gue pasti kangen kartun macam Lets and Go!, Chibi Maruko ChanKiteretsuDetective Conan, dan lain-lain. Ga tau judul-judul kartun yang gue sebutin barusan? Ada kemungkinan lu emang ga mau ngaku atau di channel tv lu ga ada yang nayangin judul kartun itu, hahaha.

Zaman Sekarang?

Duh ga usah ngarep apa-apa deh klo zaman sekarang. Di tayangin Crayon Shincan sama Doraemon aja udah bersyukur banget. Sekarang acara-acara tv lebih mentingin rating daripada kualitas siaran. Hampir semua tv ‘menuhankan’ rating. Karna dari sana mereka bisa dapet penghasilan.  Jadi terpaksa kartun anak-anak jadi korban dari kekejaman industri ini.

2. Zaman Dulu Banyak Lagu Anak

maisy artis cilik kini jadi dokter

via tribunnews.com

Zaman dulu ga perlu susah nyari lagu anak. Dimana-mana ada orang jual. Bahkan gue rasa yang paling laku dulu itu lagu anak-anak. Artis cilik macam Maisy (yang sekarang jadi Dokter), Chikita Meidy, Joshua, Agnes Monica dulu laku banget. Sampe ada yang jadi presenter di acara anak-anak. Maisy dengan acara ‘Ci.. luk.. ba!” dan Agnes Monica dengan acaranya “Tralala Trilili”. Gila! Itu booming banget dulu.

Zaman Sekarang?

Jangankan nyari lagu anak, lagu yang cocok didengerin buat anak kecil aja susah nyarinya. Lagi-lagi masalah ‘rating’. Dan menurut gue bukan karena masalah ga laku, sih. Faktor utama adalah karena artis ciliknya udah beranjak gede, sementara penerus mereka ga ada. Atau mungkin ada tapi malah ga berkembang karna trendnya udah bergeser. Sampe Joshua dan mantan artis cilik lainnya bikin proyek ‘Save Lagu Anak’ di Youtube.  Sedih gue.

3. Zaman Dulu Apa-Apa Ribet

Contoh paling gampang adalah ketika lu mau nelpon. Harus mencet nomer yang banyak. Kalo mau yang lebih jadul lagi ada telepon yang kalo mau ‘mencet’ angkanya harus diputer dulu. Wahahaha gila jadul abis! Agak maju sedikit, kalo mau bayar listrik atau tagihan telepon kita juga mesti ngantri di loket gitu. Iya kalo sebentar doang karna orangnya dikit. Lah kalo orangnya banyak dan lu lagi kebelet pengen boker gimana? Bisa-bisa ah.. sudahlah.

Zaman Sekarang?

Malah jadi lebih gampang. Kalo mau nelpon tinggal pencet namanya udah bisa tersambung. Malah sekarang ada teknologi video call, kita bisa nelpon sambil ngeliat muka si penelepon. Canggih, kan? Kalo mau bayar listrik juga ga perlu ribet lagi. Tinggal bayar via atm aja juga udah beres. Malah sekarang udah ada fitur pulsa listrik yang semakin memudahkan kita buat bayar listrik. Tinggal isi pulsanya, listrik di rumah bisa nyala. Gampang banget.

4. Zaman Dulu Anak-Anak Lebih Suka Main Di Luar

mainan anak-anak

Dulu banyak banget mainan yang bisa dimainin di luar rumah. Main gundu, petak umpet, gobak sodor, main sepak bola, dll. Wah seru banget main rame-rame sama anak-anak komplek. Kita rela main gundu sambil bejemur di bawah matahari asal bisa bareng-bareng. Kadang sampe lupa waktu dan harus dimarahin ortu dulu baru mau pulang. Kita terlalu asik sama dunia sendiri kalo udah main di luar.

Zaman Sekarang?

Jangankan main di luar, diajakin keluar aja ga mau. Lebih asyik sama gadget masing-masing. Mainin game online masing-masing. Mainnya sama orang luar negeri. Malah bisa dapat pacar dari sana. Gila! Pacaran sama orang luar negeri, men! Kapan lagi? Hahaha. Untung gue ga pernah kaya gitu. Paling banter dapat kenalan doang. Saking gilanya main game online dulu gue sampe bela-belain nyisihin uang saku buat beli voucher game online tiap minggu. Hahaha. Untung sekarang udah ga terlalu addict lagi sama game online.

Kalian sendiri gimana? Ngerasa ga kalo zaman udah bergeser ke arah yang signifikan dalam dunia pergaulan kalian? Kasih tanggapan di kolom komen, ya!

 

2 Comments

  1. Echa
    Echa November 30, 2016

    Skrg ada artis cilik kok, Naura & Diatas rata rata

    • Radhian
      Radhian November 30, 2016

      Wah iya betul… Setelah sekian lama kita nunggu regenerasi artis cilik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: